Google Adsense - Cara Mengatasi Konten Tidak Memadai Dan Alasannya

Konten tidak memadai adalah salah satu penolakan paling banyak ditemui para blogger ketika hendak mendaftarkan blognya ke Adsense. Hal ini membuat sebagian blogger menjadi kebingungan dalam menentukan sikap kedepan. Maksud dari penolakan konten tidak memadai banyak arti, belom jelas sampai saat ini. Tapi umumnya bisa diatasi dengan melakukan perbaikan secara berkala. Banyak alasan kenapa selalu ditolak adsense, kemungkinan besar yang sering saya jumpai adalah terburu-buru untuk mendaftar adsense. Padahal blog baru rampung beberapa minggu saja dan belom mempunyai konten yang bersumber dari google.

Menurut para pakar analis, penolakan seperti ini biasanya terjadi karena kualitas konten yang sangat biasa-biasa saja. Tapi tunggu dulu, kualitas konten seperti apakah yang diinginkan google agar dapat menjadi mitranya. Google paling suka dengan artikel yang menggunakan teknik seo yang tidak memaksa, sehingga banyak pengulangan kata kunci didalam artikel. Trafik bukan penyebab dari penolakan adsense, walaupun blog anda hanya memiliki artikel 12 saja dan memiliki pengunjung yang sedikit kemungkinan diterima juga bisa. Namun untuk diterima perlu banyak perbaikan dalam blog anda, terutama konten yang anda buat.

Maksud Penolakan Konten Tidak Memadai Adsense

Alasan Ditolak Adsense Karena Konten Tidak Memadai Terbaru

Seperti yang saya jelaskan diatas, trafik bukanlah penyebab utama blog anda ditolak adsense. Melainkan ada yang salah dari blog yang anda bangun. Namun, dalam keterangan email penolakan adsense tidak menjelaskan betul apa itu kesalahannya. Maksud dari konten adalah meliputi struktur blog hingga artikel. Konten yang dimaksud bukan selalu masalah terhdap artikel saja, bisa saja blog anda belum rampung dan masih banyak cacat dari segi metatag dan lain sebagainya. 

Tapi ada beberapa faktor yang sangat mendekati, mengapa adsense menolak dengan alasan konten tidak memadai, yaitu:

1. Artikel Copas, biasanya blogger awam yang berambisi keterima adsense akan menempuh jalan instan dalam membuat blog. Yakni dengan cara copas artikel sebanyak mungkin tanpa keraguan. Padahal yang dirugikan akan kejadian ini adalah yang mengcopas artikel tersebut dan bukan yang punya. Google akan menganggap spam apabila pemilik konten asli melaporkan ke dcma dan akhirnya usaha copas anda menjadi sia-sia.

2. Banyak gambar daripada tulisan saat membuat artikel, umumnya untuk artikel 300-500 kata cukup menggunakan 1 gambar saja sebagai ilustrasi. Apabila kamu terlalu memuat banyak gambar, ini bisa jadi salah satu alasan mengapa ditolak dengan balasan konten tidak memadai. Dan ingat juga untuk selalu menggunakan gambar yang bebas hak cipta, untuk gambar ilustrasi kamu bisa menggunakan jasa situs pixabay yang mana disana bebas copyright.

3. Artikel Tidak Berkualitas, berkualitas itu tergantung siapa yang menanggapinya. Jika anda membuat artikel terlalu pendek dan tidak menggunakan tag,subheading yang dicampuri dengan bumbu seo maka kemungkinan besar ini alasan google menolak anda menjadi publishernya. Penulisan artikel itu harus jelas maknanya dan menggunakan eyd yang benar. Terlalu singkat tidak baik untuk kelangsungan blog.

4. Tidak Adanya Contact, Disclaimer dan Privacy Policy, apabila kamu tidak memiliki hal yang saya sebutkan ini segeralah membuatnya. Kebijakan seperti ini sangat diperlukan bagi google dalam menilai suatu blog. Karena dengan adanya ini, blog kamu dipandang serius bagi pihak adsense. 

Cara Terbaik Setelah Ditolak Adsense Dengan Alasan Konten Tidak Memadai

Hal yang terbaik setelah ditolak adsense adalah memperbaiki isi konten yang anda buat dan memperhatikan meta tag dalam blog anda. Blog yang belum rampung atau dalam tahapan beta bisa saja menjadi penilaian pihak adsense ketika ada link mati atau meta data yang belom lengkap anda isi di bagian template anda.

Pastikan blog anda sudah terdaftar di webmaster dan google analistik, karena ini juga berpengaruh dalam penilaian google pada blog anda. Memperbaiki atau menghapus artikel yang dilarang adsense, umumnya blog ilegal download akan susah untuk diterima. Apabila sudah telanjur meding buat blog baru dengan niche tutorial saja.

Ketika anda merasa blog anda sudah cukup untuk dalam tahap perbaikan konten atau bagian templatenya. Jangan langsung mendaftarkan lagi blog anda ke adsense, tunggulah kira-kira dalam waktu 2 minggu.  Lalu daftarkan blog anda melalui link yang ada di email penolakan. Dalam keadaan ini yang anda bisa lakukan adalah menunggu balasan dari adsense. Namun, selagi menunggu balasan kamu harus melakukan hal-hal berikut ini.
  • Mengupdate artikel, minimal sehari sekali
  • Tidak merombak atau edit template blog saat proses review
  • Berdoa
Hanya itulah yang dapat anda lakukan ketika menunggu proses review, jangan pernah mencabut kode iklan saat proses itu. Biasanya paling lama satu bulan dan paling cepat bisa satu hari saja, jika anda beruntung.

Apakah Bisa Diterima Setelah Memperbaiki Konten?

Diterima atau tidaknya saya juga tidak menjamin, namun apabila kamu baru pertama kali ditolak itu sangat wajar saja bagi seorang blogger. Bahkan ada seorang blogger yang ditolak hingga 100 kali baru bisa diterima. Namun, ketika diterima adsense blog anda sudah siap untuk mengahsilkan uang. Karena dengan melakukan perbaikan konten dapat menyebabkan trafik yang bertambah serta paham akan pentingnya seo.

Jika anda ingin serius menjadi mitra google, sebaiknya anda fokus akan selalu menambah artikel anda setiap hari. Konsisten sangat diperlukan dalam mengurus blog, selain itu jangan lupa untuk mengikuti perubahan alogaritma google, karena ini bagian dari teknik seo.

Nah, itu saja menurut saya hal yang harus anda lakukan setelah ditolak adsense dan mengatasi penolakan konten tidak memadai tahun 2018 ini. Apabila masih bingung, tanyakan saja di menu komentar, akan saya jawab dengan senang hati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Google Adsense - Cara Mengatasi Konten Tidak Memadai Dan Alasannya"

Post a Comment