Custom Domain: Cara Mengatasi Penurunan Trafik Saat Ubah Blog Ke Https

Pengguna blogger custom domain kini sudah mendapatkan fitur ssl https gratis dari google, namun yang menjadi kendala adalah resiko yang diambil saat hendak mengganti http ke https. Banyak masalah yang ditimbulkan, contoh susah indeks, penurunan trafik blog hingga 75% dan banyak lagi. Ini hal yang sangat wajar, yang menjadi tidak wajar adalah tidak kembalinya pengunjung ke blog hingga berminggu-mingu. Sebagai pemilik blog, tentu ini menjadi masalah yang serius karena apabila trafik turun otomatis pendapatan blog semakin kecil.

Tetapi, kalau bukan sekarang mengganti ke https, lalu kapan lagi? sampai http sudah tidak dipedulikan google lagi, begitu?. Mengunakan ssl gratis yang telah disediakan google adalah salah satu bentuk upaya google mendorong para blogger beralih ke https sehingga membuat pengguna google merasa aman saat menjelajah ke blog/web yang tersedia. Masalah turunya pengunjung ke blog anda setelah melakukan peralihan ini bisa diatasi dengan mudah, tentu cara ini tidak menjamin pasti trafik blog anda menjadi normal kembali.

Tips Mengembalikan Visitor Yang Turun

Cara Mengembalikan Visitor Setelah Mengubah Blog Ke Mode Https (SSL)

Terjadinya penurunan visitor yang sangat drastis membuat para creator makin panik, karena hal ini berdampak besar ke pendapatan mereka. Trend seo menggunakan https adalah cara baru untuk membuat pengalaman pengguna lebih terpercaya. Nah, disini saya akan membagikan sedikit tips untuk mengembalikan pengunjung yang hilang, bahkan artikel yang hilang di halaman google. Cara ini sedikit sulit, karena memerlukan kesabaran yang cukup ekstra.

1. Membuat Property baru di Webmaster

Setelah melakukan peralihan dari http ke https anda wajib submit ulang blog anda ke webmaster search console. Hal ini bertujuan untuk agar google melakukan crawl ulang ke blog anda yang telah berubah. Caranya sama seperti biasanya anda lakukan sebelumnya, hanya sedikit berbeda pada bagian sitemap. Property yang lama, jangan dahulu dihapus sebelum semuanya artikel anda terindeks kembali. Lakukan submit url webmaster untuk membantu google menegenali blog anda dengan cepat, hal ini membantu web anda cepat melakukan indeks.

2. Edit Template

Pada template yang anda gunakan sebelumnya masih bersifat http, agar google dapat mengenali blog anda amka edit semua tulisan http ke https. Caranya? salin semua code template anda ke notepad lalu lakukan pencarian "Http" dan replace dengan "Https". Biasanya ada kendala saat melakukan relpace ini, yaitu yang sebelumnya sudah https akan mejadi httpss. 

Nah, cara mengatasinya adalah melakukan replace lagi dengan kata pencarian " httpss" menjadi https. Setelah sekiranya sudah selelsai, salin dan tempel code nya ke semula.

3. Share Ke Medsos

Dengan melalkukan share ke medsos dapat membantu blog anda cepat indeks kembali. Cara ini belum pasti namun boleh dicoba untuk ancang-ancang apabila anda menunggu sangat lama ketika google melakukan crawl ulang. Ketika share ke medsos anda tidak boleh melakukan spam sembarangan, tapi share dengan cara bijak, Yaitu share artikel ke tempat yang relevan.

Nah, itulah tips yang saya lakukan juga ketika mengubah pengalihan dari http ke htpps. terlihat sangat simple, namun kenyataannya butuh waktu juga untuk kembali seperti semula. Waktu yang tepat untuk melakukan hal ini semua adalah ketika pengunjung lagi sepi, jadi tidak akan berdampak buruk ke pengunjung. Sekian dulu artikel kali ini, jika ada pertanyaan silakan bertanya dengan bijak, trimakasih.



1 Response to "Custom Domain: Cara Mengatasi Penurunan Trafik Saat Ubah Blog Ke Https"

  1. Sama dengan kasus yang saya alami.. pengunjung blog menurun drastis setelah beralih ke https makasih info nya mau coba saya praktekkan,,

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel