Tips: Hal Sepele Ini Bikin Jualan Laris Manis Di Media Sosial, Ini Rahasianya

Berbisnis online melalui media sosial memang sangat menguntungkan, namun tidak banyak orang yang berjualan online menjadi sukses atau laris manis. Di facebook, instagram ataupun twitter kamu dapat menjual barang dagangan kamu lebih cepat tanpa kamu harus keluar dari rumah. Singkatnya, berbisnis online itu sangat mudah bila kamu tau betul siapa yang mau membeli barang dagangan kamu. Ketika kamu memasuki bisnis era digital ini, kamu harus cermat dalam bertransaksi. Menggunakan peluang yang ada adalah salah sati ciri-ciri orang yang sukses. Tetapi, semua itu tidak lah mudah untuk diraih, perlu pengorbanan yang cukup menyita kamu.

Seringkali banyak kesalahan yang dilakukan oleh para pebisnis online di media sosial, seperti mengirim content berlebihan sehingga orang merasa terganggu. Jika kamu menunjukan barang dagangan kamu ke orang yang berminat, tentu itu akan lebih baik dari pada menyebarkan secara masiv dan tidak laku.

Mentargetkan pembeli adalah jalan cepat untuk kamu mendapatkan profit, jika kamu menjual jilbab, gamis tentu targetnya adalah wanita berusia 25-60 tahun. Perencanaan yang baik akan membuahkan hasil yang menarik. Namun, masalahnya bagaimana menemukan target konsumen dengan tepat sasaran sehingga jualan kamu menjadi laku. Ada beberapa cara yang biasa saya lakukan untuk memulai berjualan di sosial media.


Langkah-Langkah Efektif Berjualan Online Di Media Sosial Seperti Facebook, Instagram 

Kedua platform tersebut sebenarnya sudah sangat memadai dalam menunjang omset penjualan kamu. Perlu diketahui bahwa facebook dan instagram adalah penggunanya cukup royal dalam membeli barang online.

1. Ambil Konsumen Rivalmu

Ada pepatah mengatakan musuhmu adalah guru terbaikmu, dalam berbisnis online juga begitu. Jika kamu menjual sepatu, cari fanspage toko online rivalmu yang menurut kamu lumayan banyak orang yang berminat membeli dan share. Biasanya orang yang melakukan share terhadap jualan toko online, mereka sebenarnya sering melakukan itu dan akan menjadi kebiasaan. Jika kamu tidak percaya, cari salah satu orang yang menshare produk rivalmu, lihat kronologinya dan sudah dipastikan dia juga pernah menshare produk lainnya.

Cara ini sangat efektif untuk menjaring konsumen hingga beralih kepadamu, namun kamu harus menfokuskan ini secara terus menerus agar toko online kamu berkembang pesat. Jika kamu sudah menemukan calon-calon konsumen kamu, silakan add pertemanan mereka.

2. Beri Kesan Pertama Yang Baik

Jika kamu sudah mengumpulkan setidaknya cukup banyak untuk melakukan show off produk kamu, berilah kesan yang baik. Jika perlu berilah promo untuk satu produk kamu, jika mereka tertarik, proseslah pembayaran dengan amanah dan jujur. Feedback yang baik akan sangat membantu membangun popularitas toko online kamu.

3. Promosi Dengan Bijak

Ketika kamu melakukan promosi, berarti kamu sudah bertanggung jawab dengan barang yang kamu promoin. Jangan pernah promosi namun barang tidak ready stok, ini berakibat fatal untuk kesan pertama pembeli. Promo di media sosial dengan sewajarnya saja, jangan membabi buta hingga menganggu aktifitas orang lain. Kebanyakan penjual  salah presepsi ketika mempromosikan barang dagangannya, spam sana sini digroup jual-beli tanpa ragu, apakah itu akan mengganggu kenyamanan grup.

Promosi di group jual-beli yang terkait dengan barang dagangan anda kinipun kurang efektif, karena ada ribuan pesaing lainnya yang ingin menjual barang seperti anda di group tersebut.

Lalu bagaimana solusinya?

Ini rahasianya, anda tidak perlu promosi secara masiv tetapi hasil nihil namun ada cara yang lebih efektif dan hanya perlu dua cara untuk melakukannya.

  1. Menyiapkan model wanita
  2. Live Streaming

Ketika anda sudah memiliki wanita yang mempunyai bakat sales atau bahkan anda sendiri bisa melakukannya walau laki-laki. Lakukan live streaming didepan barang dagangan anda, oh ya cara ini hanya berlaku di facebook. Dalam keadaan live masih berlangsung, share ke beberapa group yang ramai dan sejalan dengan barang dagangan anda. Misal anda berjualan gamis, sharelah ke group yang banyak ibu-ibu, tetapi anda harus memastikan bahwa group tersebut tidak membatasi anggotanya untuk membagikan apapun di dalam groupnya. 

Kalau anda baru pertama kali, lakukanlah sedikit bonus untuk mereka yang menonton, seperti give away bagi yang menshare live ini. Tapi ingat anda harus jujur, jika mengadakan giveaway maka harus dibagikan bagi yang beruntung. Sembari anda memperkenalkan dagangan anda, tentu anda atau modelnya harus heboh dan menarik. Gunakan acount facebook dengan nama toko online anda, tentu cara ini lebih efektif jika anda melakukan cara nomor 1 dan 2 yang telah saya bahas diatas.

Apakah Setelah Melakukan Ini Dagangan Saya Akan Laris?

Bisa ya dan bisa tidak, bisa menjadi laris karena usaha sendiri bukan karena cara ini ataupun saya. Tentu penentu tips ini adalah diri anda sendri. Apakah anda mampu bertahan atau tidak, konsisten menjadi dasar dari semua usaha. Pengusaha adalah orang yang melihat peluang meski dia sendiri tidak mampu menghandlenya dengan sendiri. Jika anda tidak mampu, serahkan pada ahlinya meski harus menggaji namun hasil ketahuan. 

Jangan lakukan sendiri, bentukalh tim untuk melakukan julan online di medsos. Anda dapat membuat tim yang bagus ketika anda ikut dalam perencanaan dan pekerjaannya, meski partner tim anda itu istri atau suami anda sendiri. Tentu jika ingin sukses, anda harus memerlukan modal untuk melakukan promosi, jika pembeli tidak datang ke anda, datangilah mereka yang membutuhkan dagangan anda.

Nah, jika anda kuat dalam menjalani bisnis online anda, kemungkinan anda akan sukses meski memerlukan waktu yang lama. Brand akan terbentuk dengan sendirinya jika anda dikenal sebagai penjual yang agak berbeda dengan yang lain. Sepetinya sudah diujung kata, saya akhiri dahulu pembahasan tips online shop di media sosial, dan terimakasih telah membaca.

0 Response to "Tips: Hal Sepele Ini Bikin Jualan Laris Manis Di Media Sosial, Ini Rahasianya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel