Keuntungan Menjadi Blogger Yang Jarang Orang Ketahui

Blogger sebutan lain dari orang yang melakukan kegiatan blogging, fenomena nge-blog terkenal di Indonesia pada tahun 2000 ke atas. Banyak orang yang tidak  mengetahui keuntungan menjadi seorang blogger, kebanyakan orang awam mengganggap tukang ngeblog ini sebagai orang kurang kerjaan. Menjadi seorang blogger bukanlah pekerjaan melainkan hobi atau iseng belaka. Umumnya orang akan menilai bekerja adalah yang berdagang, menjadi karyawan, dan lain-lain, nge-blog itu hanya membuang-buang waktu.

Namun, faktanya bukanlah seperti itu,  ngeblog adalah salah satu profesi bagi orang yang memanfaatkan ilmu internet marketing, namun bisa menjadi hanya pelampiasan hobi belaka. Tujuan orang membuat blog beraneka ragam, ada yang bertujuan untuk membangun brand produk, hanya untuk curhat, bahkan sebagai tempat cari nafkah. Pendapatan seorang blogger yang sudah tahap professional bisa melebihi gaji pejabat. 

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari menulis di blog, contohnya:

  • Menjual Produk/Jasa
  • Kerjasama Iklan 
  • Tempat Promosi
  • Affiliate

Mendapatkan uang dari blog aalah salah satu bonus bagi seorang blogger, karena keuuntungan sejatinya adalah membantu orang dalam menemukan informasi melalui media internet. Dan ketika melihat pembaca merasa puas akan tulisan dibuatnya, seorang penulis akan merasa bahagia melebihi medapatkan uang, karena pekerjaan yang mereka lakukan didasarkan hobi.

Kelebihan seoorang penulis blog

Kisah Singkat: Pengalaman Saya Ngeblog Hingga Mendapatkan Keuntungan Yang Tidak Saya Duga

Seperti yang saya katakan, banyak cara seorang  blogger untuk mendapatkan hasil dari kerja keras mereka. Meskipun niat awalnya adalah hanya untuk berbagi (termasuk saya) namun kelama-laman dia akan mengerti bagaimana menghasilkan uang dari blog. 

Nge-blog sendiri telah membuat saya benar-benar pengangguran, setelah bertahun-tahun mengenal blog akhirnya saya memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan lama saya yang mana gajinya paad saat itu terbilang cukup tinggi (6-7jt). Karena bekerja dari hobi itu menyenangkan bukan, tapi saya resign bukan karena hobi semata. Namun karena uang yang saya dapatkan melebihi cukup, dan berlangsung setiap bulannya dan pada akhirnya saya memutuskan untuk fokus di dunia yang saya cintai.

Saya mengenal blog pada saat saya baru-baru  mengenal internet, sekitar tahun 2007. Yang mana tujuan saya hanya untuk curhat dan berbagi pengalaman. Awalnya saya kebingungan bagaimana cara memumailnya, akhirnya saya menanyakan kepada salah satu teman yang menjerumuskan saya ke dunia internet. Oh ya, dulu saya sangat aktif di irc, yahoo messenger dan platform chat lainnya dan saya menyukai itu karena teman saya ini juga. Akhirnya saya direkomendasikan untuk membuat blog di blogspot, nah dari situlah saya melanjutkan hobi saya,yaitu menulis.

Nah, dari ditulah awal saya mengenal blog dan saya menulis seperti orang menulis pada umumnya. Tetapi hal tersebut hanya bertahan sebentar, karena banyak kesibukan yang harus saya utamakan. Karena saya tidak mungkin pergi ke warnet keseitap saat.

Setelah berjalan beberapat tahun, tepatnya tahun 2013 saya memulai kembali aktifitas blogging. Namun tujuan saya sudah benar-benar berbeda dari yang dulu. Ini terjadi karena ketika saya melihat sebuah postingan di facebook yang mana berisi kisah sukses seorang blogger. Ketika saya baca, betapa terkejutnya saya melihat pendapatan yang  dia dapat sangatlah besar hanya dari ngeblog. 

Akhirnya saya membuat blog baru dengan niche (topic) pekerjaan, yang isi nya berupa tips-tips dalam bekerja. Sebulan pertama saya mulai merasa jenuh, krena tidak memilik pengunjung sama sekali. Namun karena tekad saya, saya cari cara membangun blog baru saya agar dapat pengunjung dan menghasilkan uang juga. Searching sana sini, dan akhirnya saya menemukan forum  yang bagus bernama ads.id,  yang membahas kegiatan blogging ini hingga cara menghasilkan uangnya.

Di sana saya banyak belajar hingga mengenal adsense, tips toko online, dan yang paling penting adalah teknik seo yang dapat mendatangkan ribuan pengunjung ke blog. Tetapi saya jarang membuat tread disana, karena saya lebih suka membaca sebelum banyak tanya. Dan pada tahun 2016 saya telah mempunyai  7 blog yang menghasilkan setiap bulannya. Disitulah titik saya memutuskan untuk fokus terhadap blog dan berhenti menjadi karywan.

Beberapa Kelebihan Dan Keuntungan yang saya dapatkan ketika menjadi blogger aktif, diantaranya

  • Mempunyai banyak waktu
  • Dapat liburan kapanpun saya mau
  • Teman
  • Rasa bersyukur
  • Tidak ketinggalan informasi
  • Mengerti code php,html5 dan java
  • Mengerti Microsoft office
  • Mengerti internet marketing
  • Yang paling penting adalah rasa ingin terus belajar
  • Dll

Punya waktu yang fleksibel inilah yang membuat saya menjadi betah menjalani kegiatan blogging ini, karena saya tipe orang yang tidak suka terikat dengan waktu. Menjadi diri sendiri adalah pilihan, jika kamu membuat keputusan, kamu harus siap dengan apapun yang terjadi. Banyak pahit manis ketika memilih menjadi blogger full time,  karena kerja dirumah saja dan bahkan jauh dengan social sekitar membuat saya menjadi bahan pembicaraan tetangga. Mendengarkan omongan orang yang iri dengan kita adalah hal yang membuang waktu. 

Ada Keuntungan Maka Ada Juga Kerugian Yang Saya Dapatkan Ketika Menjadi Blogger

Kedua hal tersebut tidak dapat dipisahkan dalam bentuk apapun, seperti ada hitam dan putih, ada siang dan malam. Hal yang berlawanan ini memang sudah menjadi bagian dari suatu proses hidup manusia. Kerugian, tidak selalu diukur dengan materi, bisa saja kehilangan banyak waktu. 
Dengan memilih hidup sebagi full time blogger, ada beberapa bentuk kerugian yang saya dapatkan, misalnya:

  • Jarang bersosial dengan sekitar
  • Sering begadang
  • Banyak konsumsi kopi
  • Awal memulai, sering diremehkan banyak pihak
  • Jarang terkena sinar matahari
  • Dll

Kerugian ini belum seberapa dibandingkan hal yang blogger lain dapatkan, mungkin lebih pahit atau mungkin lebih mudah jalannya. Karena setiap orang beberda jalan hidupnya meski yang dituju sama. Untuk mengantisipasi penyakit karena sering begadang, belakangan ini saya juga sudah memulai olahraga kecil-kecil dan mengurangi konsumsi kopi yang berlebih. Saya sadar suatu saat nanti saya tua, semua akan berdampak kecuali, saya memotong kerugian sejak dini.

Untuk kerugian materi contohnya uang sepertinya tidak harus saya bahas, ini sudah menjadi hal yang lumrah. Ketipu sana sini pernah saya alami, mungkin bukan hanya di dunia blogging saja kerugian seperti ini terjadi.

Tips Untuk Kamu Yang Hendak Memulai Membangun Blog

Sebelum membangun sebuah blog, kamu wajib fokus dengan tujuan awal kenapa harus memiliki blog. Jika ingin menjadi publisher adsense, kejar itu sampai kamu mencapainya. Menjadi blogger tidak harus berharap dengan adsense saja, gunakan peluang lain untuk menambah penghasilan. Adsense memang salah satu kerjasama iklan terbaik saat ini, namun tidak jarang orang yang ditolak adsense malah menjadi berheti blogger.  

Untuk memulainya, kamu wajib mencintai dahulu dunia blogger agar timbul rasa ikhlas ketika menjalaninya.  Jangan merasa puas dengan apa yang kita ketahui. Masih banyak orang yang lebih paham dengan apa yang kita paham. Ada hal yang harus menjadi bekal buat kamu yang mau terjun kedunia blogging, diantaranya:

  • Sabar
  • Jangan cepat puas
  • Terus belajar
  • Memahami cara kerja google search engine, misalnya seo
  • Banyak bertanya
  • Ikhlas

Bukan seperti tips sih, lebih kesaran mungkin ya. Tapi menurut saya ini juga penting, lebih penting dari apapun. Jika cepat merasa puas akan menimpulkan sifat sombong, ini yang ditakutkan. Sifat seperti itu harus jauh-jauh dari diri seorang blogger, karena diatas langit masih ada langit.

Mungkin sekian dulu pembahasan kali ini, menjadi blogerpreneur tidak harus memikirkan keuntungan saja, tapi dampak dari proses yang kamu dapatkan itu yang harus disyukuri. Jika ada yang ingin diskusikan, berkomentarlah dengan bijak, terima kasih.

0 Response to "Keuntungan Menjadi Blogger Yang Jarang Orang Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel