Cara Berjualan Di Tokopedia Bagi Pemula, Mudah Dan Laris

Cara Berjualan Di Tokopedia Bagi Pemula - Jual beli online saat ini sudah menjadi trend di suatu kalangan masyarakat, nah tokopedia pun hadir menjadi salah satu market place terbesar di indonesia yang membuat pasar online yang terpercaya untuk saat ini. Berjualan tidak haruslah memiliki lapak toko misalnya, kini hanya dengan modal foto saja sudah bisa menjangkau ribuan pembeli. 

Selain Tokopedia, masih banyak market place yang menyajikan harga murah dan dipercaya. Dengan banyaknya marketplace ini, banyak akhirnya orang-orang beralih dari dagang offline menjadi online. 
Bagi pemula, tentu masih bingung bagaimana sih supaya cepat laku dari sekian banyaknya saingan di tokopedia. 

Manfaat berjualan di marketplace online ini, adalah sebagai berikut:
  1. Mudah dan Praktis
  2. Tidak memerlukan Karyawan
  3. Pengeluaran lebih kecil
  4. Menjangkau sampai ke seluruh indonesia
  5. Dll
Nah, banyak keuntungan yang didapatkan jika kamu berjualan di tokopedia ini, masih ragu untuk beralih zaman ke dunia online ini?. Dengan mengikuti perkembangan zaman, tentu membuat kita lebih maju. Tetapi, meskipun begitu kepercayaan dan pelayananlah kunci untama dalam berjualan, meskipun hanya online.

Cara Memulai Berjualan Di Tokopedia

Tidak memerlukan modal untuk bergabung di tokopedia, mendaftarnyapun gratis. Dan saya tau kebanyakan orang suka yang gratis. Jadi, anda hanya perlu menyiapkan data diri saja untuk mulai berjualan di marketplace ini. Bingung dengan caranya? simak selengkapnya.

1. Hal yang pertama yang kamu lakukan adalah mendaftar dengan menggunakan email seperti gmail,yahoo dan lain sebagainya. Ini penting, kamu wajib mengingatnya agar dapat login dikemudian hari.

2. Kunjugi situs resminya ketika mendaftar membuat toko, https://www.tokopedia.com/register . Lalu isi data diri dengan benar dan ingat  katasandi/email yang anda buat. 


3. Setelah pendaftaran berhasil, biasanya anda diminta untu verifikasi email dan periksalah email anda untuk melajutkan pendaftaran agar sukses. Nah, jika sukses lanjutkan cara dibawah ini untuk membuat toko pertama anda di tokopedia.

4. Nah, sampai disini saya anggap anda sudah memiliki akun verifikasi tokopedia yang siap untuk berjualan ataupun membeli. Untuk berjualan, kamu harus membuat toko. Letaknya diatas kanan dengan tulisan Toko dan anda akan menemukan halaman seperti ini.


  • Buat nama toko anda, hingga muncul tanda conteng. Itu artinya nama toko anda belum pernah dipakai pengguna lain.
  • Lalu, domain toko juga harus sampai ada tanda ceklist hijau. Gunakan nama toko anda saja agarmudah diingat, jika sudah digunakan pengguna lain, anda bisa tambahkan angka unik dibelakangnnya.

5. Nah, sampai disini toko anda berhasil dibuat, lalu selanjutnya anda hanya harus memasukan deskripsi toko, slogan dan logo. Untuk size logo bisa mencapai 10mb, jadi pikirkanlah branding logo anda dengan bagus.

6. Setelah anda selesai dengan bio toko anda, nanti anda akan disuguhkan paket playanan pengiriman seperti jne, jnt, tiki ataupun pos indonesia. Untuk hal ini anda berhak menentukan jasa pengiriman, pastikan menggunakan jasa kurir yang tersedia di daerah anda.

Nah, sekarang anda sudah memiliki toko/lapak di marketplace tokopedia. Dan toko online anda sekarang sudah dapat upload produk dan memulai penjualan. Terkadang agak kerepotan apabila upload foto produck satu-persatu, di tokopedia anda bisa bergabung dalam member gold merchant dahulu untuk mendapatkan fitur upload produk sekaligus.

Tips Berjualan Di Tokopedia Agar Cepat Laku

Pesaingan yang sangat tinggi sangat susah untuk bagi pedagang pemula yang baru terjun ke dunia online. Maka sebelum kamu memulainya, kamu wajib tau beberapa tips agar toko kamu semakin dikenal banyak orang dan tentunya laris manis.

1. Gunakan Foto Produk Yang Berkualitas Baik

Foto produk yang menarik menjadi bahan perhatian bagi konsumen. Jangan menggunakan foto yang sudah ada beredar banyak di internet. Kalau bisa, anda dapat foto sendiri dengan phonsel anda lalu edit agar terlihat bagus.

Jika anda memulainya dengan serius, tentu hal sepenting ini tak akan anda anggap sepele, foto adalah hal pertama yang membuat konsumen suka atau tidak pada produk anda, selain harga ya.

2. Fast Respon

Membalas pesan dari konsumen dengan cepat dan tanggap, inilah salah satu bentuk pelayanan yang baik dalam berbisnis online. Jangan lupa tambahkan beberapa contact agar mudah dihubungi, kalau bisa ready di whatsapp, bbm, line dan sosial media lainnya.

3. Menjaga Kepercayaan

Kepercayaan itu sangat mahal, jadi bangunlah itu dengan susah payah agar anda dapat membuat toko anda lebih terkenal. Contohnya, dengan memberikan layanan cepat dalam pengiriman adalah salah satu metode membangun sebuah kepercayaan.

4. Harga Yang Bersaing

Dengan mengambil keuntungan yang sedikit namun perputaran lancar adalah solusi bagi pemula. Ini juga akan berpengaruh pada brand anda nantinya. Walaupun suatu saat anda menaikan harga produk pun, konsumen tidak akan protes. Dengan catatan, lapak anda dikenal baik disebagian pengguna online ini.

Mudah bukan berjualan di tokopedia, anda kini dapat berjualan di dalam rumah. Anda juga dapat memasarkan produk anda melalui promosi media sosial. Saya akhiri dulu untuk tips dan cara berjualan di toko pedia bagi pemula ini. Kesabaran adalah kunci dari semua masalah, semoga anda sukses dalam berjualan di tokopedia. Apabila kamu memiliki pertanyaan seputar ini, komen dengan bijak di kolom komentar, saya akan dengan hati menjawabnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Berjualan Di Tokopedia Bagi Pemula, Mudah Dan Laris"

Post a Comment