Tips Penting Dalam Membangun Dan Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness adalah kesadaran konsumen akan mengenali brand, nama merek dalam upaya saat mempromosikan brand usaha. Memiliki brand yang populer adalah hasil dari proses membangun brand tersebut dari bawah. Brand awareness masih terbilang kata-kata yang jarang diucapkan pebisnis/pengusaha pemula, istilah ini terbilang masih asing. Namun, hal ini adalah hal yang terpenting dalam pencapaian sebuah usaha maupun bisnis anda.

Itulah titik penting bagi pengusaha, contohnya ramai masyarakat dapat mengenali dengan mudah suatu brand hanya dengan meliha logo ataupun slogannya saja. Untuk mencapai semua itu, anda memerlukan suatu proses yang panjang sekali. Metode promosipun beraneka ragam, namun disini saya akan membagikan cara mudah membangunnya dengan metode yang cocok pada zaman ini, tentunya dapat mengikis pengeluran.

Ada beberapa langkah yang biasanya suatu produk terkenal dan laris di market, diantaranya adalah sebagai berikut.


  1. Awareness ( Kesadaran)
  2. Interest ( Tertarik)
  3. Desire ( Hasrat)
  4. Action (membeli)

Mungkin ke-empat tersebut sering anda dengar diberbagai tempat, namun percayalah itulah adalah hal yang biasanya membuat orang langsung membeli suatu produk. Pentingnya meningkatkan suatu brand agar andapun tidak akalh bersaing di pasaran.

Tingkatan Dalam Brand Awarenes, Hal ini Wajib Anda Tau


1. Top Of Mind

Tahap ini termasuk hal yang pertama kali yang diingat dari konsumen saat mereka ditanya atau memikirkan suatu kategori produk/jasa tertentu. Untuk pencapaian level ini, tentu sangat sulit. Karena memerlukan perjalanan yang panjang sekali. 

Misalnya, jika hendak membeli odol gigi diwarung kebanyakan konsumen menyebutkan seperti ini "Pak, beli pepsodentnya satu". Padahal orang ini membeli odol, kenapa menyebut merek dagang?

Nah, ini adalah bagian dari brand awaresness. Membuat konsumen agar tanpa sadar mengingat seperti ini adalah bentuk pencapaian yang baik bagi perusahaan. Namun, harus tetap ditingkatkan dan dievaluasi agar makin dikenang di konsumen.

2. Brand Recall

Dalam tingkatan ini, konsumen dapat mengetahui jenis produk hanya mendengar sebuah merek dagang saja atau slogan. Contohnya begini, jika anda sedang berbicara dengan orang tiba-tiba lawan bicara anda menyebutkan "Saya tadi melihat Lamborghini di jalan tol, wah keren banget". Tanpa sadar, andapun mengerti yang dimaksudnya adalah mobil.

3. Brand Recognition

Pada tahapan ini belum tentu konsumen mengingat betul akan suatu brand, namun dapat ingat ketika disadarkan oleh orang lain ataupun melihat. Namun, konsumen mengenali brand tersebut tetapi tidak terlalu mengingatnya secara tanpa sadar.

Bingung? saya contohkan saja begini, ketika anda berjalan di mall/pasar melihat merek brand dan anda bisa mengenali itu adalah jenis suatu produk tertentu, namun ketika ditanya sesorang anda bahkan tidak menyebutkannya/mengingatnya, sampai sesorang itu menyebutkan nama brand itu lalu baru anda ingat dan berkata oh iya iya.

Cara Dan Strategi Membangun Brand Awareness Bagi Pemula

Strategi Brand Awareness

Banyak jalan menuju roma, beginilah kata-kata pepatah zaman dulu. Namun, hal ini memang terbukti untuk kita semua. Pentingnya hal ini, sampai perusahan yang sudah terkenalpun selalu melakukan evaluasi terhadap brand mereka setiap tahunnya. Posisi saat berbisnis paling enak saat dibawah, karena kita dapat ke atas, namun ketika di atas banyak sekali badai yang menggangu. Mempertahankan nama brand dan meningkatkannya adalah upaya yang serius untuk bisnis sekala kecil maupun besar.

Untuk zaman serba digital ini, ada beberapa langkah yang cukup mainstream namun terbukti, tinggal bagaimana cara anda mengolahnya menjadi lebih beda.

1. Promosi Sosial Media

Selain digunakan untuk memperkenalkan brand anda, sosial media sangat berpengaruh besar dalah industri pasar saat ini. Bahkan kini banyak yang mulai mencoba keberuntungan dalam berjualan online dengan menggunakan sosial media.

Tips laris manis berjualan di media sosial pernah saya bahas diartikel sebelumnya, jika anda tertarik anda dapat membacanya dahulu. Nah, memperkenalkan brand anda beserta produk secara aktif dan berkala adalah salah satu cara untuk membantu konsumen anda mengingat brand yang anda miliki, hal ini harus dilakukan dengan rutin. Ingat promosi ini bukan bermaksud berjualan, namun memperluas nama brand.

Anda dapat membuat postingan yang menarik dibaca ataupun dilihat, buat hal yang unik dan penuh kontroversi untuk menjaring konsumen agar mengingat brand anda. Cepat tanggap dalam membalas komentar calon konsumen adalah bentuk kepercayaan lebih dekat dan susah dibentuk. Lakukan promosi seperti ini secara berkala dan terus menerus.

2. Video Marketing

Memanfaatkan Youtube sebagai media terbesaar saat ini, adalah langkah untuk melebarkan nama merek dagang anda. Anda wajib memilik chanel resmi brand anda, buatlah video lucu dan menghibur sembari menyisipkan promosi nama brand anda.
Tak perlu panjang-panjang, cukup buat vidio lucu dan menarik kira-kira 1-3 menit saja sudah cukup. Rata-rata orang malas melihat iklan, nah buatlah video marketingnya jangan terlihat seperti iklan, namun seperti konten. 

Seperti membuat vlog, pembahasan yang sesuai dengan produk anda, ataupun vidio experiment. Ada juga dapat mengupload sebagian cuplikan vidio di beberapa media sosial seperti facebook, instagram maupun twitter. Optimasi keyword yang menyangkut juga nama brand, ini cukup membantu ingatan bawah sadar calon konsumen untuk mengingat nama merek anda.

3. Buatlah Suatu Sayembara Berhadiah

Tidak perlu mengeluarkan hadiah yang besar-besar, namun berkesan dan jujur lebih baik. Harga nominal hadiah tentu menggiurkan, agar dapat diminati banyak peserta. Anda dapat membuat sebuah sayembara misalnya lomba design logo brand anda. Masukan share dan like sebagai syarat partisipasi mengikuti sayembara itu dan yang paling penting dengan Hastag slogan brand anda.

Keluarkan hadiahnya secara transparan agar peserta lainnya tidak merasa tertipu akan sayembara seperti ini. Selain sayembara design logo, masih banyak lagi jalan memperluas nama brand anda. Misalnya buat vidio, sayembara seo untuk website dan masih banyak lagi.

Jika dihitung dengan hadiah yang anda keluarkan, meskipun besar. Anda masih mendapatkan banyak keuntungan, yaitu:

  1. Brand anda dikenal
  2. Followers Media sosial bertambah
  3. Meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap produk anda
  4. Meningkatkan brand awareness
  5. Dll

Sebenarnya masih banyak lagi keuntungan yang akan ada dapat jika anda mengolahnya dengan teratur dan tertarget. Lakukan promosi setiap sayembara yang akan anda lakukan disetiap media sosial, kalau perlu anda beriklanlah di facebook atau instagram untuk menyebarkan sayembara ini.

Lomba seperti ini juga adalah bentuk penghargaan bagi konsumen anda dan ini juga berlangsung baik bagi nama brand anda. Untuk beberapa waktu, anda sebagai pemilik brand, luangkanlah untuk survey ke beberapa media sosial ataupun ke masyarakat. Apakah mengetahui brand yang anda bangun itu, jika ada peningkatan berarti anda telah cukup berhasil membangun Brand Awareness dan yang harus anda lakukan setelah itu adalah evaluasi dan tingkatkan lagi market anda.

0 Response to "Tips Penting Dalam Membangun Dan Meningkatkan Brand Awareness"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel